Cara Mudah Servis PSP mati total

Cara mudah memperbaiki dan mengatasi PSP mati total, PSP atau Playstation Portable adalah konsol permainan gengam yang digunakan untuk sarana hiburan, selain bisa untuk bermain game psp juga bisa untuk memutar film, musik dan menampilkan foto digital.

PSP menggunakan media penyimpanan Universal Media Disk (UMD) yang mempunyai kapasitas mencapai 1,8 Gb dan mendukung memory stik duo maupun pro duo, dengan adanya dukungan memori external maka bisa untuk menyimpan lebih banyak lagi file game, video maupun musik.

Banyaknya file yang tersimpan tentunya membuat pengguna menyalakan konsol berjam-jam sampai lupa waktu, akibatnya mesin terlalu panas dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen internal, Apabila PSP mengalami kerusakan mati total atau tidak dapat menyala sama sekali maka berikut ini cara mengatasinya.

Proses pengujian dan pengukuran tegangan untuk mengetahui penyebab psp rusak mati total meliputi :

Software
Hardware atau mesin psp

1. Software :
Via usb mass storage device ( konek PSP pada komputer dengan kabel data usb ) tidak terdetek sama sekali maka proses dilanjutkan

2. Hardware :
Sebelumnaya buka casing dengan hati-hati dan setelah terbuka amati tiap komponen pada mesin atau mpeg psp, kerusakan komponen bisa dilihat secara fisik seperti apabila komponen terlihat hangus atau retak maka dapat dipastikan komponen tersebut rusak.


Jika tidak di temukan tanda - tanda kerusakan secara fisik seperti hangus dan retak pada komponen selanjutnya mengetes tegangan mengunakan alat ukur multimeter, cari jalur pada rangkaian psp yang dilalui tegangan dimulai dari sumber baterai (Vbat),

pada titik poin tes ini harus menunjukan voltase sesuai dengan sumber baterai yaitu sebesar 3,7 - 4,2 Volt, apabila kurang nilai tersebut kemungkinan kerusakan pada baterai atau bagian pengisi baterai, dan pada kasus kerusakan disini Vbat ada dan menunjukan voltase yang sesuai.

Setelah dipastikan Vbat sudah masuk pada titik poin tes, langkah selanjutnya mengukur voltase pada tiap pin ic terutama pada jalur Vcc, hasil pengukuran tidak ditemukan tegangan sama sekali pada pin ic sedangkan Vbat sudah keluar tegangan,

dari sini dapat disimpulkan bahwa kerusakan psp mati total disebabkan tidak ada tegangan yang masuk ke ic, setelah dilakukan penelusuran di temukan komponen yang berfungsi untuk memutus dan mengalirkan tegangan tidak bekerja. letak komponen yang rusak lihat gambar


komponen tersebut adalah 2 buah transistor mini atau smd dengan jenis pnp dan npn, dimana seharusnya ketika tombol on off ditekan arus akan mengalir dari kolektor ke emitor, namun pada komponen tersebut tidak mengeluarkan tegangan pada emitor meski kolektor sudah teraliri tegangan dari Vbat dan basis sudah mendapatkan Vstart.

Setelah dilakukan pengangkatan dan penggantian komponen tersebut tegangan dapat mengalir dan PSP nyala seperti sediakala.

Semoga Bermanfaat.
  1. denimorder by arch

    denimorder by arch

    26 Januari 2012 pukul 16.05

    mas, beli komponen 2 itu dimana? kebetulan psp saya mati total , akibat salah masukin casan. malah pake casan netbook. alhasil mati total.

    mohon petunjuknya dan pembelian komponennya dimana.

    email saya icalhaekal@yahoo.com

  2. hasanadit

    hasanadit

    28 Januari 2012 pukul 22.36

    komponen jarang sekali ada dipasaran, solusinya cari persamaanya atau kanibal bekas mpeg dvd.
    baiknya cek dulu komponen apa saja yang rusak pada board psp tersebut.

  3. mozich

    mozich

    14 Oktober 2013 pukul 17.36

    JUAL GAME PSP TERMURAH SEINDONESIA
    cuman 60 ribu kalian bisa mendapatkan 450 games PSP terbaik.
    total game sampai saat ini 264 GB..

    Game akan terus bertambah ,tapi harga tetap 60 ribu
    berminat Hub/sms : 082342055666

    Keterangan lebih lanjut silahkan baca di :
    http://safii666.wordpress.com/2013/10/07/games-psp-paling-murah-total-264gb-cuma-60-ribu/

  4. Anonim

    Netizen

    28 Mei 2014 pukul 11.00

    mas saya punya psp go.pspnya mati total pas kecemplung air,nah bagaimana caranya biar hidup lagi?tolong pencerahannya

  5. Anonim

    Netizen

    20 Juli 2014 pukul 20.02

    Tolong dibantu Gan, kalo servise masalah kaya diatas kira" kena brp ya ?
    PSP Go ane juga konslet kayanya mati total gk bisa di cash.. Gara" pas ane lagi bersihin analognya pake alkohol ada yg masuk alkoholnya..

  6. Unknown

    Unknown

    6 Juli 2016 pukul 00.44

    Gan,psp go saya jika dinyalakan layarnya hitam total, kira kira benerinnya itu berapa ya gan?

  7. Unknown

    Unknown

    13 September 2016 pukul 22.42

    Mas. Saya punya psp 3000 baru beli ga sampe seminggu. Sewaktu di turn on psp saya ga mau hidup. Sewaktu saya charge bisa hidup. Itu apa mas kerusakannya ??

  8. hasanadit

    hasanadit

    23 September 2016 pukul 11.03

    discharge hidup dalam artian hanya indikator charge yang hidup, kerusakan bisa Dari tombol/jalur on off atau trigger supply tegangan error

  9. Unknown

    Unknown

    22 Juli 2017 pukul 20.16

    Mas psp saya waktu saya saya cas tiba lampu oranye mati,pas saya nyalain bsa tuk maen,giliran batre hbs mau saya cas ngak bsa,dihidupkan sambil ngecas pun ngak bisa,trus saya belikan charger lgi tetep ngak nyala,jdi apanya itu mas?

    • hasanadit

      hasanadit

      23 September 2017 pukul 04.24

      Kerusakan pada bagian pengisian baterai atau ic charger,coba baterai di isi dengan charger dekstop apabila bisa terisi dan psp bisa dinyalakan, kerusakan memang npada bagian tersebut.

    • hasanadit

      hasanadit

      23 September 2017 pukul 04.21

      Ganti mesin merupakan solusi terakhir dan ada kalanya kerusakan ic power bisa diperbaiki meskipun kemungkinan berhasil 50-50.

  10. Unknown

    Unknown

    8 September 2017 pukul 21.14

    permisi.. mau nanya donk gan.. psp 3006 saya hanya hidup wkatu di cas,kalau di cabut kabel nya ikut mati juga psp nya.. penyebab nya apa yah?? makasihh

    • hasanadit

      hasanadit

      23 September 2017 pukul 04.18

      Kemungkinan
      1. Konektor baterai tidak terhubung sempurna
      2. Baterai sudah drop
      3. kerusakan ic charger sehingga tidak bisa mengisi daya baterai
      Solusi :
      1. Lepas dan bersihkan konektor baterai
      2. Ganti baterai
      3. Perlu penanganan khusus, atau coba dulu baterai dicharge dengan dekstop jika dapat terisi dan psp bisa nyala positif kerusakan pada bagian pengisian psp.

  11. Unknown

    Unknown

    27 Desember 2017 pukul 15.34

    Mas admin mau tanya psp saya seri 1000 yg fat...permasalahan psp saya itu ketika di hidup kan semua tombol ngefrezee kecual tombol +-buat suara, sudah saya restart sama saya coba cara2 yg di you tube l1r1 ditahan power tp tetep ngefrezee mohon bantuannya dan solusi ny

  12. Danjigokudo

    Danjigokudo

    3 Maret 2018 pukul 07.57

    Saya mau tanya nih semoga mas adminnya masih jawab
    Saya punya konsol psp go sudah lama tidak saya mainkan karena ada bagian kecil flexibel layar yg sobek membuat tidak ada suara dan tombol home tak berfungsi. Nah karena sudah lama saya pikir batrai habis nih lalu saya charge tetapi menggunakan port charger hp dan mau menyala setelah itu saya matikan kembali dan setelah di cas beberapa menit mati itu lampu oren, lalu saya coba cas lagi tidak mau dan sampai sudah saya coba charge pakai cas kodok batrai sampai penuh saya pasang lagi tidak mau nyala lagi sampai sekarang kira kira itu apanya yg rusak ya mas?

    • hasanadit

      hasanadit

      8 April 2018 pukul 22.05

      Membaca dari kejadian tersebut, kemungkinan penyebab psp tidak menyala akibat dari psp lembab karena lama tidak dinyalakan, kondisi board psp lembab akan rentan terjadi short atau konslet, ketika di charge pertama nyala dan kedua sudah tidak bisa mungkin sudah terjadi short.
      Solusi :
      Bungkar psp Keringkan atau panasi board dengan blower jika tidak ada jemur di bawah matahari, apabila belum terjadi kerusakan hardware atau sofware cara tersebut bisa membuat psp nyala kembali. Terimakasih

  13. Anonim

    Netizen

    8 April 2018 pukul 20.57

    halo malam ,mau nanya gan psp saya tipe 3000 gagal update kondisi cuman lampu indikator hijo yang nyala setelah itu mati,apa bisa di perbaiki, kalo bisa kisaran berapa dan lokasi agan dimana?

    • hasanadit

      hasanadit

      8 April 2018 pukul 21.46

      Malam, jika belum coba lakukan hard reset terlebih dahulu dengan cara tekan dan tahan tombol select, start, square dan triangle. Masih dalam keadaan menahan 4 tombol tersebut tekan tombol power dan tunggu, jika bisa booting selamat psp akan nyala kembali.
      Lihat profil untuk lokasi saya, terimakasih

  14. Prakarya

    Prakarya

    3 Mei 2018 pukul 19.33

    Halo, saya mau numpang nanya nih, psp saya udh jarang saya mainin sampe kemungkinan satu taun. Sekarang mau saya mainin lagi, tp mati total. Udah saya cas ttp gabisa, udh saya bongkar batre nya jg. itu solusinya gmn ya mz? Terimakasih dan tolong dijawab :)

    • hasanadit

      hasanadit

      7 Mei 2018 pukul 15.45

      Sama seperti jawaban sebelumnya, PSP lembab karena lama disimpan, Bungkar psp dan Keringkan atau panasi board dengan blower jika tidak ada jemur di bawah matahari, apabila belum terjadi kerusakan hardware atau sofware cara tersebut bisa membuat psp nyala kembali. Terimakasih

    • Unknown

      Unknown

      16 Mei 2018 pukul 21.19

      Permisi mas saya mau tanya,psp saya 3006 black piano kendalanya klo sudah tidak di mainin lebih dari 4 jam tidak mau nyala lg padahal baterai penuh..tp klo dipancing dlu pakai charger trus dihidupkan stelah layar nyala charger di cabut psp normal kembali dan batre tahan lamaaaa bngt...penyebabnya apa ya??

    • hasanadit

      hasanadit

      23 Mei 2018 pukul 01.26

      coba pakai atau pinjam baterai lain, jika masalah masih sama kemungkinan komponen ic atau transistor power startup sudah lemah sehingga harus di bantu startup dengan charger.
      solusi ganti komponen tersebut dan ada kalanya jika beruntung dengan mendiamkan beberapa hari PSP tanpa baterai terpasang bisa membuat PSP normal kembali.

  15. Unknown

    Unknown

    10 Mei 2018 pukul 16.05

    Mas psp sya kq tiba2 g keluar bunyi ya? Padahal kmrn mash sya pakai normal2 aja..trus batrei masih ada 2 sya charge agak lma skitar 5jam..apa karena terlalu lama ngecharge bisa rusak hardware nya??tp fungsi lain masih normal..tlong pencerahanya?

    • hasanadit

      hasanadit

      23 Mei 2018 pukul 04.57

      Mencharge terlalu lama tidak mempengaruhi kerusakan tersebut kalaupun ada kemungkinan sangat kecil dan sebelum memvonis kerusakan hardware coba cara berikut
      - Tes menggunakan headset, jika ada suara kemungkinan speaker psp rusak atau switch audio didalam port headset aus.
      - coba reset atau hardreset psp.

  16. cacan

    cacan

    21 Juli 2018 pukul 15.33

    Psp anak saya dimainkan berjam jam kog gak ada yg terasa hangat yah...mang kyak gtu ya psp ?

    • hasanadit

      hasanadit

      20 November 2018 pukul 00.34

      Kondisi psp normal akan terasa hangat bahkan panas apabila dipakai untuk bermain game berat atau diatas spek Psp,

  17. Unknown

    Unknown

    29 September 2018 pukul 13.43

    Siang mas. Saya mau tanya. Psp saya mati. Tadi sudah saya coba bawa ke konter hp. Saya Minta di jmper power. Tapi gk nyala. Kira kira apa'a y

  18. Unknown

    Unknown

    5 November 2018 pukul 21.13

    Mau nanya nih gan PSP saya Sony 3000
    Matot di cas lampu nya GK nyala..itu kenapa ya gan.psp udah saya cas sampai berhari2 tetap GK nyala..?

  19. Anonim

    Netizen

    19 November 2018 pukul 12.31

    Permisi gan, saya mau tanya.
    PSP saya kena masalah dimana battery tidak terdeteksi (tulisannya External terus) padahal bisa battery baru (battery ori mesin, cabutan), ketika dimainkan sambil di charge, 5 menit mati sendiri, apakah kerusakan di IC atau memang charger nya rusak (memang sudah lama dan sering digulung karena sering dibawa jalan jalan)
    terimakasih.

    • hasanadit

      hasanadit

      20 November 2018 pukul 00.01

      Kondisi baterai tidak terdeteksi dan 5 menit mati kemungkinan kerusakan pada IC atau charger drop, atau bisa jadi masalah hanya ada pada baterai, coba charger baterai menggunakan desktop untuk mengetahui kondisi baterai, jika bisa terisi tetapi kondisi psp masih sama kerusakan memang dari IC atau charger.

    • hasanadit

      hasanadit

      21 Mei 2019 pukul 20.35

      Sepertinya kerusakan pada software, coba di hardreset dulu, cara hardreset cari di google sesuai merk dan seri psp

  20. Unknown

    Unknown

    5 Juli 2019 pukul 21.56

    mas psp saya type yang 3006, knapa ya kalau di charger cuman ada indikator bar baterai penuh, tapi ketika di lihat disystem nya, baterai gak kecharger, pas di cabut saklar charger nya dia langsung mati, padahal indikator baterai full, krnapa ya mas?

    padahal ini kali ke 2 saya beli baterai psp nya, yg baterai originalnya dah rusak, beli baterai lahi rusak lagi, beli lagi rusak lagi batere nya apa psp bisa merusak baterai ya mas?

    mohon petunjuk apa kerusakan nya ya

    • hasanadit

      hasanadit

      6 Juli 2019 pukul 15.10

      Jika gejala sama seperti sebelumnya saat ganti baterai pertama kemungkinan memang baterai kedua rusak lagi,
      kerusakan baterai bisa jadi dari psp akibat rangkaian charge bermasalah, tapi jika membaca dari cerita, penyebab rusak lebih pada kualitas baterai pengganti kurang baik (bukan original), cari baterai minimal oem bukan kw

  21. kocu666

    kocu666

    13 Juli 2019 pukul 22.30

    Permisi om admin..
    Sya pnya psp go padam om..
    Di psang batre panas di bagian rangkaian konektor cas ny..
    Pa solusi ny om..

    • fanselektronic

      fanselektronic

      14 Juli 2019 pukul 13.49

      kemungkinan penyebab panas tersebut akibat ada komponen yang rusak atau konslet, solusinya cari sumber atau komponen yang panas dan itulah yang bermasalah, kerusakan ringan jika kapasitor atau dioda saja yang konslet dan dengan melepas komponen tersebut psp go sudah bisa menyala kembali, kerusakan parah apabila panas dari transistor, mosfet smd dan IC

  22. Anonim

    Netizen

    20 September 2019 pukul 20.36

    Kasus short gan, led power ga nyala ,tes pake psu,dia konslet 0.1amp. Kira2 bagian mana yang konslet saya sudah cek semua capasitor tida ada yang short, cuman ada komponen hilang di belakang soket audio, mungkin disini ada yang punya skematik psp3000

    • hasanadit

      hasanadit

      20 September 2019 pukul 21.22

      Arus terbaca 0.1A belum tentu short, Cek jalur vcc dengan multimeter posisi x1 Ohm untuk memastikan short atau tidak,
      cara paling mudah untuk mencari komponen yang short dengan memberi suplai arus yang besar dan biasanya komponen akan panas, bisa itu capasitor, dioda atau ic, maaf tidak punya skematik

Komentar dengan baik, sesuai topik, pakai nama, tulis kata dengan lengkap, Komentar ditinjau sebelum terbit, terimakasih sudah berkunjung, atau tanyakan Di Forum Fanselektronic