Cara Mudah Servis PSP mati total

Cara Mudah Servis PSP mati total
Daftar Isi Artikel
Cara mudah memperbaiki dan mengatasi PSP mati total, PSP atau Playstation Portable adalah konsol permainan gengam yang digunakan untuk sarana hiburan, selain bisa untuk bermain game psp juga bisa untuk memutar film, musik dan menampilkan foto digital.

PSP menggunakan media penyimpanan Universal Media Disk (UMD) yang mempunyai kapasitas mencapai 1,8 Gb dan mendukung memory stik duo maupun pro duo, dengan adanya dukungan memori external maka bisa untuk menyimpan lebih banyak lagi file game, video maupun musik.

Banyaknya file yang tersimpan tentunya membuat pengguna menyalakan konsol berjam-jam sampai lupa waktu, akibatnya mesin terlalu panas dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen internal, Apabila PSP mengalami kerusakan mati total atau tidak dapat menyala sama sekali maka berikut ini cara mengatasinya.

Proses pengujian dan pengukuran tegangan untuk mengetahui penyebab psp rusak mati total meliputi :

Software
Hardware atau mesin psp

1. Software :
Via usb mass storage device ( konek PSP pada komputer dengan kabel data usb ) tidak terdetek sama sekali maka proses dilanjutkan

2. Hardware :
Sebelumnaya buka casing dengan hati-hati dan setelah terbuka amati tiap komponen pada mesin atau mpeg psp, kerusakan komponen bisa dilihat secara fisik seperti apabila komponen terlihat hangus atau retak maka dapat dipastikan komponen tersebut rusak.


Jika tidak di temukan tanda - tanda kerusakan secara fisik seperti hangus dan retak pada komponen selanjutnya mengetes tegangan mengunakan alat ukur multimeter, cari jalur pada rangkaian psp yang dilalui tegangan dimulai dari sumber baterai (Vbat),

pada titik poin tes ini harus menunjukan voltase sesuai dengan sumber baterai yaitu sebesar 3,7 - 4,2 Volt, apabila kurang nilai tersebut kemungkinan kerusakan pada baterai atau bagian pengisi baterai, dan pada kasus kerusakan disini Vbat ada dan menunjukan voltase yang sesuai.

Setelah dipastikan Vbat sudah masuk pada titik poin tes, langkah selanjutnya mengukur voltase pada tiap pin ic terutama pada jalur Vcc, hasil pengukuran tidak ditemukan tegangan sama sekali pada pin ic sedangkan Vbat sudah keluar tegangan,

dari sini dapat disimpulkan bahwa kerusakan psp mati total disebabkan tidak ada tegangan yang masuk ke ic, setelah dilakukan penelusuran di temukan komponen yang berfungsi untuk memutus dan mengalirkan tegangan tidak bekerja. letak komponen yang rusak lihat gambar


komponen tersebut adalah 2 buah transistor mini atau smd dengan jenis pnp dan npn, dimana seharusnya ketika tombol on off ditekan arus akan mengalir dari kolektor ke emitor, namun pada komponen tersebut tidak mengeluarkan tegangan pada emitor meski kolektor sudah teraliri tegangan dari Vbat dan basis sudah mendapatkan Vstart.

Setelah dilakukan pengangkatan dan penggantian komponen tersebut tegangan dapat mengalir dan PSP nyala seperti sediakala.

Semoga Bermanfaat.