Penguat Sinyal Mp3 Player Modulator

Penguat Sinyal Mp3 Player Modulator
Daftar Isi Artikel
Berkembangnya teknologi dimana hampir semua serba digital maka pada rangkaian Pemancar FM rev.1 dan Pemancar rev.2 dapat juga digunakan sebagai penguat mp3 player modulator, di dalam mesin mp3 player terdapat modulator atau rangkain yang berfungsi untuk memancarkan frekuensi gelombang radio, seperti kegunaanya mp3 player modulator biasanya dipakai pada audio mobil dimana alat ini dipakai apabila pada perangkat audio mobil terutama pada bagian player musik belum tersedia jak masukan atau line input dan memanfaatkan gelombang radio sebagai media penerimaan.

Mp3 player modulator menggunakan Oscilator jenis PLL sehingga frekuensi yang dihasilkan sangat stabil, serta frekuensi dapat dirubah menggunakan sistem digital dari frekuensi 87.5 Mhz sampai 108.5 Mhz, selain itu player juga dilengkapi dengan stereo encoder sehingga output sinyal sudah stereo.

Melihat kelebihan yang dimililiki pada mp3 player modulator maka peralatan yang satu ini bisa dimanfaatkan sebagai modulator pemancar fm dengan daya yang lebih besar, untuk membuat modulator bisa memancarkan sinyal lebih luas serta jarak jangkauan yang jauh dibutuhkan rangkaian boster atau penguat sinyal, rangkaian penguat sinyal mp3 player modulator dipasang atau dihubungkan pada bagian output antena, seperti terlihat pada gambar berikut :


Pada gambar terlihat bagian output antena yang nantinya jalur sinyal tersebut akan dihubungkan dan dikuatkan menggunakan rangkaian pemancar fm. berikut ini salah satu contoh rangkaian yang bisa digunakan untuk menguatkan sinyal mp3 player modulator.


Untuk menjadikan rangkaian pemancar fm sebagai penguat mp3 player modulator seperti terlihat pada skema dengan cara mengambil dan mengganti bagian oscilator dengan mp3 modulator atau hanya memanfaatkan bagian penguatan atau boster. sebagai pilihan bisa menggunakan penguat 1 saja jika ingin merakit pemancar skala kecil atau 1 dan 2.

Cara merangkai dan membuat rangkaian penguat pemancar mp3 player modulator seperti yang sudah dijelaskan diatas, pin atau output antena mp3 player modulator dihubungkan pada input penguat 1 dan untuk sumber tegangan player modulator bisa mengambil pada jalur tegangan positif dan negatif pada rangkaian pemancar fm.