Pengukur Sinyal Radio Tuner

Pengukur Sinyal Radio Tuner
Daftar Isi Artikel
Rangkaian pengukur atau indikator sinyal radio tuner ini terbilang sederhana dan simpel namun sangat membantu untuk mengetahui kekuatan sinyal dari suatu pemancar radio terlebih lagi bagi para penggemar komunikasi FM atau radio amatir,

cara membuat rangkaian Vu meter atau pengukur kekuatan sinyal radio komponen yang dibutuhkan adalah transistor, dioda, resistor dan indikator, sedangkan rangkaian seperti gambar berikut :

Skema rangkaian



Cara kerja alat pengukur kekuatan sinyal radio adalah
1. Pin 11 ic LA1260 berfungsi sebagai agc dimana pada saat tuner menangkap sinyal yang kuat akan megeluarkan tegangan yang tinggi dan akan memurun apabila tangkapan sinyal lemah, dengan kata lain naik turunya tegangan pin 11 sesuai dengan kekuatan sinyal yang ditangkap.

2. Ketika tuner menangkap sinyal tegangan keluar dari pin 11 dan disalurkan melalui dioda untuk memberi bias basis transistor NPN, sesuai prinsip kerja transistor NPN apabila basis dialiri tegangan positif maka arus akan mengalir dari kolektor ke emitor, dan indikator VU meter atau led menyala karena mendapat supply tegangan dari emitor transistor, besaran tegangan yang keluar pada emitor sesuai dengan besaran bias yang masuk pada basis.

3. Dioda pada rangkaian berfungsi untuk meloloskan tegangan positif dan sebagai pengaman tegangan balik transistor agar tidak masuk ke ic.
Resistor Berfungsi sebagai pembatas arus tegangan yang mengalir pada transistor yang akan diumpankan pada indikator.

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa ketika tuner menankap sinyal ic pin 11 mengeluarkan tegangan dan diumpankan ke basis transistor melewati dioda, dengan adanya bias pada basis transistor akan mengalirkan tegangan dari kolektor ke emitor dan indikator akan menyala.

Sebagai indikator bisa menggunakan VU meter atau lampu Led, apabila indikator menggunakan VU meter maka akan mengetahuai persentase kekuatan sinyal radio yang di tangkap dan indikator lampu led hanya mengetahui kekuatan sinyal dari terang redup cahaya yang di hasilkan. (Ralat : pada gambar pin 11 bukan 13)
  1. Anonymous

    Netizen Budiman

    10 June 2012 at 18:47

    Assalamualaikum Pak. mau nanya nih Itu VU meter nya menggunakan jenis apa ya....? trimakasih

  2. hasanadit

    hasanadit

    18 June 2012 at 09:39

    wa'alaikumsalam, VU meter jenis analog yang memang khusus dipergunakan untuk mengukur sinyal dengan persentase dan VU mudah didapat dipasaran.

+ Komentar dengan baik, sesuai topik
+ Pakai nama, tulis kata dengan lengkap
+ Komentar ditinjau sebelum diterbitkan
+ Terimakasih sudah berkunjung

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>