Perbaikan Hp Cina Masuk Profil Headset Terus

Hp cina masuk profil headset terus dan tidak bisa dirubah pada profil normal meski headset telah dicabut, kerusakan seperti ini sangatlah sepele namun benar-benar bikin jengkel, bagaimana tidak..!! setiap ada telepon atau sms jadi tidak tahu karena nada dering tidak berbunyi dan yang menjengkelkan lagi tidak bisa mendengarkan musik dari speaker. Yah...,, terpaksa harus repot-repot pasang headset dulu.

Iseng coba mencari solusi search sana-sini yang didapat kebanyakan harus ganti CPU, ganti plugin atau konektor headset, jumper dan lainya, Watuh.., mana peralatan tidak punya dan beresiko lagi.

akhirnya jurus cara mudah servis elektronik dicoba untuk memperbaiki hp yang profilnya headset terus dan tidak disangka bisa berhasil speakerpun kembali berbunyi dan simbol headset pada lcd kabur.

Cara perbaikan sama persis dengan Perbaikan dvb dengan menggunakan multimeter posisi X 1ohm probe merah colokan pada ground HP sedang probe hitam pada pin konektor headset atau titik yang sudah ditandai pada gambar berikut

Titik pada gambar adalah pin yang terhubung dengan jack headset, jika hp cina yang bermasalah beda dengan yang ada dicontoh, cari dan sesuaikan pin headset yang dipakai pada hp tersebut atau cara mudahnya bisa juga dengan mencoba satu persatu semua pin yang ada disoket.

Setelah melakukan pengamatan kerusakan Hp cina masuk pada profil headset terus kemungkinan diakibatkan dari aliran listrik statis saat mencolokan charger dan membuat profil headset error.

sebelum dilakukan cara diatas baiknya cek atau bersihkan dulu pin plugin, karena bisa dimungkinkan hanya karena pin short / konslet. untuk trik jumper klik disini
  1. Anonim

    Netizen

    12 Januari 2012 pukul 19.58

    profil kembali pada normal tetapi setelah avometer dilepas, profil kembali pada headset.

    mohon bantuannya bosssssssssss

  2. hasanadit

    hasanadit

    13 Januari 2012 pukul 00.15

    titik pin yang dicolok kehilangan supply tegangan bisa dari resistor atau jalur putus, jika tidak menemukan penyebab kerusakan alternatif lain lakukan penjamperan dengan mengambil tegangan Vbat (jalur + baterai) dan diseri resistor 1K sebelum dihubungkan pada pin atau bisa berkreasi sendiri, yang terpenting pada titk pin tersebut membutuhkan supply tegangan sekitar 2V.

  3. Anonim

    Netizen

    13 Januari 2012 pukul 21.43

    sory gan newbe neh..maksud pada probe merah colokan "ground hp" itu yg mana yh ??? apa probe merah d'colokan pada conector headset atau ke conector batrey'y... ( ada gambar'y gan yg mana tuh ground hp?? )
    tolong gan

  4. hasanadit

    hasanadit

    13 Januari 2012 pukul 22.59

    pada hp hampir semua plat besi adalah ground atau negatif, probe merah bisa dicolokan pada plat tersebut atau bisa juga pada konektor negatif baterai, cari mudahnya saja karena cara diatas dilakukan pada posisi hp menyala.

  5. Muchtar

    Muchtar

    15 Januari 2012 pukul 10.06

    boss.....z punya msalah seperti yg diatas.....tpi trjadi pd hp Mito 302.....caranya gmn??mhon bantuannya...

  6. hasanadit

    hasanadit

    15 Januari 2012 pukul 10.39

    caranya sama persis seperti diatas karena bisa diterapkan untuk semua hp cina meski model plugin / konektor headset berbeda.

  7. Muchtar

    Muchtar

    15 Januari 2012 pukul 11.09

    udh z coba boss.....tpi hasil'y minim..........untuk conector'y sama persis...tp letak'y g' d'belakang..tpi d'samping.......dan yg tdk z ktahuai juga transistor yg seperti gambar d'atas....

  8. hasanadit

    hasanadit

    15 Januari 2012 pukul 11.45

    mungkin ada yang terlewatkan,
    - Hp kondisi on / menyala
    - Posisi multi x1ohm
    - Posisi probe dibalik
    untuk mempermudah pengerjaan dan mengetahui keberhasilan, sebelum dilakukan cara diatas, nyalakan hp untuk memutar musik dan barulah proses pencolokan probe pada pin (jika proses berhasil bisa langsung diketahui dengan keluarnya suara musik yang sedang diputar.
    jika pencolokan titik pin yang ditandai belum memberikan tanda-tanda, bisa mencoba dengan semua titk pin yang ada pada headset.

  9. sultan

    sultan

    1 Maret 2013 pukul 17.36

    sre boz q wsnu gue problem ni bantu y bozz
    qpnya hp cross cb83et masalhnya kalo dipakai sms nda smsnya bnyi telpon juga bunyi(LP) na yang bkin gue binun knp msic/radio/tv na bisu(gak bersuara ama sekali
    kira2 apa ya krusaknya)
    tulong tenan a buooozzz
    ni klo mau blz k cni email /ni aj 6283854316881
    tak tung3 buoooz
    mkacih

  10. M.KANDA

    Netizen

    8 November 2013 pukul 20.21

    bos mu nanya ' napa hp imo G399 UDAH STIAP PIN D. HBUNGAKAN TTEP Z GA ADA PERBUHAN ALIAS MUNCUL GAMBAR HENSFREE TRUS

  11. Unknown

    Unknown

    21 Desember 2013 pukul 07.18

    ma.ap gan ane cm sekedar berbagi ilmu sesama autodidak serta pengalaman2 yg ane temui dalam mengobrak abrik componen hp y seperti pepatah mengatakan malu bertanya sesat di jalan hehehe

  12. Anonim

    Netizen

    20 Januari 2014 pukul 10.56

    coba di pasang headsetnya..setelah itu lakukan call..
    setelah itu lakukan pelepasan headset...dan
    ....sudah hilang, deh..tanda headsetnya :)

  13. dian ganteng dari lahir

    dian ganteng dari lahir

    10 September 2017 pukul 17.01

    salam gan kl hp i-cherry model c96 bagai mana menghilangkan lambangya gan kirim lewat wa bisa gan 082374041989

  14. dian ganteng dari lahir

    dian ganteng dari lahir

    10 September 2017 pukul 17.18

    salam gan kl hp i-cherry model c96 bagai mana menghilangkan lambangya gan kirim lewat wa bisa gan 082374041989

Komentar dengan baik, sesuai topik, pakai nama, tulis kata dengan lengkap, Komentar ditinjau sebelum terbit, terimakasih sudah berkunjung, atau tanyakan Di Forum Fanselektronic