Perbaikan Regulator Astelo / Gacun

Kerusakan modul switching regulator serbaguna ini diantaranya disebabkan beban terlalu berat, overheat/panas berlebih, konslet pada bagian sekunder, salah pemasangan, snubber belum dirubah sesuai karakter modul dan sebagainya. contoh pemasangan yang benar lihat disini.

Dari segi harga memang dengan membeli yang baru dan melakukan perbaikan sangat berbanding tipis tidak heran jika banyak yang memilih menganti dengan yang baru. namun bagi anda yang mau mencoba sebenarnya sangatlah mudah dalam memperbaiki modul ini terlebih komponen tidak susah mencari persamaan dipasaran dan kerusakan yang sering terjadi pada modul switching adalah short atau konslet pada komponen penguat ditandai dengan sekering putus atau speedometer listrik turun.

akan lebih mudah dalam perbaikan jika melihat skema berikut :



Pada gambar komponen yang ditandai adalah kerusakan yang sering terjadi dan kenapa bisa begitu banyak komponen yang rusak ?

efek d0min0 kali ya..!! hehe... memang begitu adanya apabila terjadi kerusakan short pada FET (Q1) arus tegangan akan mengalir langsung ke R2 dan R2 akan putus karena kelebihan beban, dengan putusnya R2 mengakibatkan arus tegangan mengalir lagi pada R3, karena R3 mendapat supply tegangan yang besar mengakibatkan R3 dan IC rusak. Panjang juga jalan ceritanya..!!

Kesimpulan :
jika kerusakan FET (Q1) short dan R2 putus kemungkinan besar R3 dan IC rusak dan harus dilakukan penggantian pada Q1, R2, R3 dan IC
namun jika R2 tidak putus / masih baik komponen yang lain juga baik. dan bisa dilakukan penggantian hanya pada Q1.

Q1 adalah mosfet jika komponen tersebut rusak dan tidak ada yang sesuai dengan nomor seri yang digunakan modul astelo (gacun) seperti 2SK / K1012, K1213, K2077, K2601, K2699 maka bisa diganti dengan seri lain, Persamaan mosfet atau fet modul switching regulator universal tv astelo (gacun) seperti :

Untuk pemasangan TV 14" bisa menggunkan mosfet K1340 dengan datasheet :
  • Type mosfet : N-Chanel
  • Max power dissipation : 100 Watt
  • Max drain-source (Vds) : 900 Volt
  • Max gate-source (Vgs) : -
  • Max drain current (Id) : 5 Amper
  • Max Rds : 3 ohm 

Atau yang lebih bagus lagi menggunakan mosfet K2837 dengan datasheet :
  • Type mosfet : N-Chanel
  • Max power dissipation : 150 Watt
  • Max drain-source (Vds) : 500 Volt
  • Max gate-source (Vgs) : -
  • Max drain current (Id) : 20 Amper
  • Max Rds : 0,27 ohm 

Mosfet K2837 bisa digunakan untuk mengganti modul universal dengan maksimal arus 20 Amper dan power dissipation 150 Watt dengan data tersebut maka modul bisa dipasangkan pada televisi ukuran diatas 32" dan tentunya sangat bisa jika digunakan untuk televisi ukuran14" 17" 21" 25" 29" dan 32".

Update : Akhir-akhir ini terdapat produk modul switching universal yang sama dengan model diatas hanya saja R1 dan R2 menggunakan resistor dengan nilai watt kecil sehingga tidak bertahan lama baru beberapa minggu bahkan beberapa hari resistor sudah putus,

ini diakibatkan resitor tersebut tidak mampu menahan arus tegangan tinggi sehingga overheat dan putus, maka carilah modul universal yang menggunakan resistor sesuai spesifikasi yaitu 2 watt dan jika sudah terlanjur ganti resistor tersebut dengan nilai yang sesuai atau lebih besar.
  1. hasanadit

    hasanadit

    20 Mei 2012 pukul 18.23

    Persamaan yang mudah & ada dipasaran K2141 tapi baiknya gunakan K1340 arus lebih besar.

  2. befin tronik

    Netizen

    1 Desember 2012 pukul 20.37

    setelah ganti astelo,tv politron gak bisa stanby,plyback lgsg induksi,artinya teg output dr plyback lgsg ada n normal,tapi audio/vdio baru isa muncul stlh di onkan,dr remut/tmbl prgm,,mhn solusinya,agar posisi stnby normal...
    nb:mhn sher ke emeil.befin_tronik@yahoo.com

  3. hasanadit

    hasanadit

    29 Januari 2013 pukul 10.58

    Terimakasih tambahanya, pada kerusakan seperti diatas jarang sekali Q2 rusak dan memang baiknya dites untuk lebih memastikan.

  4. Blog Hobi suka suka

    Blog Hobi suka suka

    30 Maret 2013 pukul 07.35

    Memang Q2 (FCS9014) perlu diperhatikan/ diperbaiki sih, krn pd gbr tersebut terkesan sbg trnasisitor PNP, hanya dengan membalikkan arah panah saja.
    Pengalamanku: setelah aku 5 kali berhasil perbaiki SMPS perangkat PSU komputer dekstop dan charger EMOTO, ternyata tegangan outputnya sedikit lebih tinggi dari semula, sekitar 2-5%, padahal trimpot pengatur sdh pd posisi miniumum. Tidak masalah sih, justru aku suka karena menjadi lebih FULL.

  5. Rahman

    Rahman

    30 November 2013 pukul 10.00

    oh yayaya begitu adanya ya..!!
    kebetulan hari ini ada kasus yg sama
    wah-wah ribet juga betulin reg gacun ini
    kalu ganti Q1 pake persamaan takut g berhasil dan karena mslh waktu mening sy ganti gacun baru saja ^^
    tapi mksh ide K2141 & K1340 buat bahan rujukan dan percobaan

    saya tunggu artikel selanjutnya seputar elektrronik

  6. Abangalieblogger

    Abangalieblogger

    17 Maret 2018 pukul 05.26

    Mas tv saya polytron ultra slim 21inch.tr feetnya n65c konslet saya ganti jebol lagi..bisa bantu komponen mana lagi yg harus diganti.mksih

    • hasanadit

      hasanadit

      8 April 2018 pukul 09.19

      Mosfet K1285 jika dilihat dari datasheet type N-channel 20 W, 100 V, 3 A. Kemungkinan bisa diganti dengan mosfet yang mudah dicari & umum digunakan seperti irf640, irf740 & irf840.
      Tidak ada, pakai saja adaptor universal & sudah banyak yang jual, terimakasih

  7. Unknown

    Unknown

    27 September 2018 pukul 22.41

    Untuk mengganti monitor benq 15" bisa ndak ? Monitor mati setelah 15 menit..dididamkan sebentar nyala lg..makin lama makin sering

Komentar dengan baik, sesuai topik, pakai nama, tulis kata dengan lengkap, Komentar ditinjau sebelum terbit, terimakasih sudah berkunjung, atau tanyakan Di Forum Fanselektronic