Solder Serbaguna

Sebagi seorang teknisi elektronika panggilan suatu keharusan mempunyai kelengkapan peralatan terutama yang tidak kalah penting adalah penerangan yang cukup, bisa dibayangkan jika dalam melakukan perbaikan penerangan kurang memadahi alhasil solderan konslet, pemasangan komponen terbalik dan sulit membaca nilai komponen. namun dengan banyaknya peralatan menjadikan susah dan berat dalam membawa.

Melihat dari pengalaman sayapun berfikir "bagaimana cara agar peralatan lebih simpel dan mudah dibawa sekaligus serbaguna" dan munculah ide membuat "solder serbaguna".

kenapa dibilang serbaguna,,?? karena selain berguna untuk menyolder sekaligus bisa digunakan untuk penerangan dan sangat membantu dalam perbaikan alat-alat elektronika seperti TV, tape, radio dll. terlebih dalam perbaikan Hp, Dvd, Dvb yang sangat membutuhkan penerangan cukup dan ketelitian karena ukuran komponen yang super mini.

Meskipun peralatan "Solder serbaguna" ini sangat remeh dan ide yang muncul dari ketidaksengajaan sudah pasti belum tersedia ditoko dan terjual, yups... bisa dibilang hanya ini satu-satunya dan yang saya miliki (bukan bermaksud nyombong.. hehe..) tapi setelah saya publish mungkin tidak akan jadi satu-satunya lagi

Andaikan pabrik pembuat solder memproduksi solder serbaguna ini mungkin akan sangat diminati oleh para teknisi.. bagi yang ingin membuat berikut cara dan rangkaianya :




Solder serbaguna dengan menggunakan 4 buah lampu LED warna putih sudah mampu memberikan penerangan yang sangat baik dan fokus apalagi jika digunakan pada jarak yang dekat dengan objek

untuk rangakain belum sempat mendesain mungkin lain waktu, ditunggu saja..