Mengatasi Kop Tabung TV Bocor

Mengatasi Kop Tabung TV Bocor
Daftar Isi Artikel
Kerusakan kop flyback bocor atau kop tabung crt pada Tv biasanya ditandai dengan munculnya suara desis jika kerusakan sudah parah bersuara seperti petir, suara tersebut diakibatkan dari loncatan listrik tegangan tinggi (sekitar 2KV) supply crt yang bocor, diantara penyebab bocornya kop flyback antara lain :
  • Kop flyback crt rusak (dikarenakan habis masa pakai atau umur) 
  • Over tegangan pada b+ /tegangan horisontal 
  • Kapasitor horisontal rusak (nilainya berubah atau melar)

Kerusakan seperti ini memang sangat sepele namun jangan dianggap sepele jika tidak segera diatasi dapat mengakibatkan kerusakan yang parah pada Tv, diantara kerusakan fatal yang terjadi :
  • Tabung atau Crt rusak (ditandai dengan keluarnya cahaya putih seperti neon pada leher tabung atau filamen dan tabung tidak bisa diperbaiki lagi atau harus diganti) selengkapnya tentang penyebab dan tanda layar tabung tv rusak
  • IC kroma rusak, ic program, memori maupun vertikal akibat terkena loncatan tegangan tinggi.

Untuk kerusakan akibat kop yang rusak berikut cara mengatasinya
1. Bungkar casing TV
2. Lepas kop flyback pada tabung, tetapi sebelum melepas kop tersebut buang dulu tegangan yang masih tersimpan pada tabung dengan cara digroundkan dengan kabel atau probe multi yang salah satu ujungnya sudah digroundkan. gambar 1 (hati-hati dalam melakukan proses pembuangan muatan karena tegangan tinggi)

Gambar 1


3. Lepas konektor serta karet kop dan ganti yang baru
Sebelum dilakukan pemasangan baiknya bersihkan dulu tempat kop pada tabung bisa juga menggunakan tiner.
4. Setelah tempat kop sudah bersih dan kering pasang kembali kop.
5. Jika tempat kop pada tabung sudah terkikis atau pelapis sudah tidak rata bisa gunakan lem sealer hitam.

Gambar 2


6. Jika kebocoran terjadi pada kabel flayback bisa ditambal menggunakan kabel bekas flyback yang sudah dikelupas.

Gambar 3


7. Mengatasi kebocoran pada pangkal kabel flayback bisa diatasi dengan mengganti karet atau tutup dengan selotip plastik

Gambar 4


Demikian beberapa cara mengatasi kerusakan pada kop, kabel dan flyback bocor, semoga bermanfaat.
  1. hasanadit

    hasanadit

    7 May 2012 at 10:55

    @Tsalas's word. tidak semua bisa, yang sesuai seperti gambar diatas lem sealer yang sering digunakan untuk merekatkan blok mesin sepeda motor, selain tahan panas juga terbuat dari karet sehingga jika digunakan untuk merekatkan kop tabung benar-benar tertutup rapat dan lebih tahan lama.

  2. mala

    mala

    17 May 2012 at 15:22

    mas, saya pemula di bidang servis tv, saya mengalami kesulitan dengan tv sharp 14 "
    pada saat star, sekitar 15 menit kemudian, mati sendiri, bingung saya

  3. hasanadit

    hasanadit

    18 May 2012 at 09:44

    Kerusakan yg sering terjadi pada tv sharp adalah protek atau nyala kemudian standby lagi. Untuk kasus seperti ini langkah awal yg dilakukan
    - cek semua titik solderan jika terdapat retak solder ulang.
    - mencari bagian penyebab protek dengan cara melepas jalur proteksi.
    - atau coba dulu jika regulator menggunakan STR kemungkinan sudah drop, coba diganti.

    • Unknown

      Unknown

      7 February 2017 at 09:15

      bisa dibeli disini kak ^_^
      https://www.bukalapak.com/p/elektronik/lain-lain-208/hqaa1-jual-kop-karet-flyback-baru

  4. Anonymous

    Netizen Budiman

    16 March 2013 at 12:41

    biarin rusak sekalian! (pikirku).... setelah ku otak-atik, Eeee...ternyata malah bisa normal kembali. makasih infonya Gan... padahal aku gak tau sama sekali ttg komponen elektronik

  5. roy cokro

    roy cokro

    16 April 2013 at 11:58

    Met siang...
    Saya juga mau nanya seputar kop TV.
    TV saya dirumah merk Digitec Ninja, ketika dinyalakan sbntar langsung mati karena keluar suara crisss..... dan bersamaan dengan itu, TV langsung standby. setelah saya buka casing TV ternyata karet kopnya bocor, ada sinar kecil di karet kop.
    Pertanyaan :
    1. Apakah bocornya kop karena karet sudah aus, atau tegangan lain2 ada yang over? apa saja yang harus dicek dan gmn caranya?
    2. Apakah karet kopnya msh bisa dipakai?
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    Salam...
    roy cokro

  6. hasanadit

    hasanadit

    17 April 2013 at 21:57

    Tv menyala sebentar kemudian mati /sering disebut protek, bukan akibat dari kebocoran kop, melain memang ada masalah pada mesin. Untuk mengatasinya di search saja karena sudah banyak sekali yang membahas.
    Jawaban
    1. Kemungkinan besar memang dari kop yang mengalami penurunan kualitas.
    2. Baiknya diganti untuk keamanan.

  7. dart corp

    dart corp

    8 September 2013 at 16:25

    sore mas... mas saya lagi coba bongkar sendiri tv sony trinitron, karena suara tuk tuk tuk keluar dari speaker! jd mengganggu,, kira kira apanya ya!

  8. Unknown

    Unknown

    17 December 2014 at 09:43

    ok info2 ny boss..aku pnya masalah dngan tv led tcl 29 '' jika tv di hidupkan semuanya normal setelah beberapa menit warna putihnya mleber kayak klise gitu apanya ya mzbro...terima kasih atas info ny salam kenal...

  9. Anonymous

    Netizen Budiman

    2 April 2015 at 09:16

    bos tv saya merk sanyo slim tv (tabung) tiba2 tidak bisa menyala secara manual maupun melalui remot hanya slap sinar dan posisi stantbay terus...setelah di buka infonya flybacknya lemah kata teknisi...itu apa benar kami butuh saran dan info nya bos
    terima kasih atas saran dan infonya...adhi

  10. Anonymous

    Netizen Budiman

    28 April 2015 at 10:00

    Mas saya mau tanya TV saya keluar gambar tetapi buram, sudah diganti berbagai macam antena tetap tidak bisa. Bahkan kadang keluar suara siran radio. Bagaimana cara memperbaikinya ?

  11. mrsani

    mrsani

    10 December 2015 at 10:38

    bang sya mau tanya tentang tv saya merk sharp 14inc,,tv sya mati hanya lampu power merah saja yg hidup alias standby saja powernya,,,itu kerusakannya dikomponen apanya ya bang ,,,dan klo mau ganti komponennya apa mesti harus sya buang dahulu tegangan kop flyback yg ditabungnya bang,,mohon info nya bang sya masih tahap belajar hehehe,,,thanks

  12. Property syariah

    Property syariah

    14 December 2015 at 21:44

    Gan mau nanya nih..kalo nyabut tuner tv apakah harus nyabut kop flayback nya? saya newbe utk service tv. terima kasih sebelumnya gan

    • hasanadit

      hasanadit

      26 August 2017 at 23:22

      Melepas tuner bisa tanpa melepas kop cukup dengan mesin dibalikan,
      Saran : jangan melepas kop kecuali memang sudah rusak dan ganti baru, kop tabung jika dilepas dan dipasang kembali belum tentu bisa rapat seperti sedia kala.

  13. Unknown

    Unknown

    3 July 2016 at 16:36

    Mas tv saya lg 29 inchi, kemarin2 berbunyi mendesis wkt tv br dihidupkn setelah panas bunyi nya hilang. Tp dlm 4 hari ini layar nya jd ngezoom dan suara mendesis nya msh terdengar. Td saya buka casing nya ada kebocoran di dekat kop flybacknya trus tak puntir2 stelah dipasang lg malah kyk short dan mengeluarkan asap, skrg tv nya jd mati total dh. Trimakasih sblm nya gan.

    • Unknown

      Unknown

      7 February 2017 at 09:20

      itu mungkin bisa dari flybacknya dan transistor horizontalnya om ^_^
      diganti aja sama flyback dan transistor horizontal yg asli aja om,tapi ya emang harganya lumayan lah ^_^

    • hasanadit

      hasanadit

      26 August 2017 at 23:16

      Penyebab dan penanganan bunyi desis tv sudah dibahas di atas, dan masalah layar jadi ngezoom itu karena terdapat solderan yang retak, sedangkan tv seperti short dan mengeluarkan asap bukan akibat dari kop flyback diputar, akan tetapi ketika casing tv dibuka dan di pasang kembali solderan yang retak bertambah dan pada bagian vital, jadi apapun kerusakan tv selalu cek kondisi solderan dan solder ulang.

  14. Anonymous

    Netizen Budiman

    14 January 2017 at 20:15

    Mlm min.. tv sharp sy bocor di FBT dibagian pangkalnya. Sy sudah melakukan apa yg ditulis di web ini,dengn solatip plastik,dikemudian hari bocor lg,jebol tambalanya..minta sarany segara min.. thx

    • Unknown

      Unknown

      7 February 2017 at 09:18

      mungkin bisa diganti copnya dengan yg baru kak ^_^
      saya ada referensi beli disini aja kak
      sudah saya buktikan ganti dengan karet cop fbt yg baru,hasilnya bagus kak ^_^ ini saya ada linknya kak

      https://www.bukalapak.com/p/elektronik/lain-lain-208/hqaa1-jual-kop-karet-flyback-baru

    • hasanadit

      hasanadit

      26 August 2017 at 23:26

      Jika cuma bertahan beberapa hari, artinya kebocoran sudah parah dan solusi terakhir harus ganti flyback.

  15. Unknown

    Unknown

    20 June 2017 at 04:29

    mas tv saya awal nya bunyi desis. didalam tv nya ujung tabung nya ada nyala wasna merah. sekitar 2 minggu dibiarkan. rusak nya nambah. kalau setiap pertama dihidupkan ada bunyi meledak2 sama layar nya hitam kecoklatan. setdlah 10 menit an .gambr nya bgus. tpi desis nya tidak hilang2. apakah itu berbahaya. dan dikarnakan apa. trimaksh

    • hasanadit

      hasanadit

      26 August 2017 at 23:07

      Ujung tabung memang harus nyala merah dan itu normal. Kerusakan tv mengeluarkan suara desis serta ledakan sangat berbahaya jika dibiarkan karena dapat merusak ic serta layar tabung, untuk penyebab dan perbaikan pada ulasan di atas.

  16. Unknown

    Unknown

    5 October 2018 at 12:16

    Mas, saya sdh ganti flybacknya dgn yg baru, tapi bunyi desisnya masih ada. Solusinya apa ya. Tv saya polytron 123 14inch. Terima kasih.

  17. Unknown

    Unknown

    2 March 2019 at 02:37

    Kalau ada cahaya putih dileher tabung bang apanya yg diperiksa,soalnya kemarin kata service yg datang kerumah playbacknya yg rusak.setelah diganti masih seperti itu, makasih bang..

    • hasanadit

      hasanadit

      2 March 2019 at 07:40

      Seperti pada ulasan diatas, cahaya putih pada leher tabung crt disertai suara menandakan layar tabung sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki, penyebab crt rusak biasanya terkena loncatan listrik dari kop atau flyback bocor.

    • hasanadit

      hasanadit

      10 May 2019 at 00:48

      Sama semua, yang membedakan hanya kualitas, pakai kop warna abu-abu yang bagus bukan hitam.

  18. Rizal

    Rizal

    30 June 2019 at 22:54

    Mau tanya gan kalau flyback retak itu bisa diakali atau memang harus di ganti. Maksih

    • hasanadit

      hasanadit

      1 July 2019 at 04:49

      Flyback retak bisa ditutupi dengan lem diatas, tetapi jika retak disertai kebocoran tegangan tinggi, flyback sebaiknya diganti untuk mencegah kerusakan lebih parah, bodi flyback bocor ditambal tidak akan bertahan lama

+ Komentar dengan baik, sesuai topik
+ Pakai nama, tulis kata dengan lengkap
+ Komentar ditinjau sebelum diterbitkan
+ Terimakasih sudah berkunjung