Perbaikan Kipas / Fan Berbunyi

Perbaikan Kipas / Fan Berbunyi
Daftar Isi Artikel
Cara mengatasi kipas pendingin rusak suara berisik atau bising, Beberapa perangkat elektronika kipas sangat dibutuhkan untuk proses pembuangan panas sehingga suhu tetap terjaga, dengan adanya kipas sebagai pembantu pembuang panas komponen akan terhindar dari panas berlebih (overheat) terutama komponen yang rentan terhadap panas, salah satu contoh komponen rentan panas adalah IC yang merupakan otak dari suatu rangkaian, sebagai pusat pengolah data IC mudah menghasilkan panas mengingat komponen ini bekerja ekstra.

Pada perangkat elektronika seperti Cpu dan laptop pasti terdapat kipas sebagai pembuang panas dengan cara menhisap udara dingin dari luar dan menghembuskan pada komponen yang akan didinginkan. kerja kipas yang terus menerus dan berputar pada kecepatan tinggi pasti suatu saat akan mengalami kerusakan, meskipun kipas yang dipakai sudah menggunakan motor jenis brushles akan tetapi tetap memakai poros atau sumbu sebagai pusat putaran.

Kerusakan yang sering terjadi pada kipas adalah mengeluarkan suara berisik dan macet, untuk cara mengatasi dan memperbaiki kipas rusak macet atau mengeluarkan suara berisik CPU dan laptop sangat mudah, kerusakan tersebut disebabkan benyaknya debu atau kotoran yang menempel dan menghambat putaran kipas sedangkan suara berisik pada kipas disebabkan poros pada kipas sudah kering atau pelumas sudah habis.

kipas yang bermasalah seperti mengeluarkan suara yang sangat berisik dan macet maka perlu dilakukan perawatan agar putaran kipas lancar. berikut tips sederhana menghilangkan bunyi atau macet pada kipas yang bermasalah


Cara mengatasi kipas pendingin rusak suara berisik:
1. Bersihkan kipas dari kotoran atau debu yang menempel.
2. Lepas Cover / stiker pada kipas
3. Setelah terbuka beri sedikit oil dan perlu ditambahkan juga stampad dengan tujuan agar pelumas lebih 4. tahan lama
5. Pasang kembali cover dengan rapat untuk menjaga pelumas tetap pada tempatnya.

Jika kipas mulai terdengar suara berisik segera di lakukan perawatan agar tidak bertambah parah, apabila tidak segera ditangani poros akan mengalami kelonggaran dan kipas tidak bisa lagi berputar.

Sekian.....!!

+ Komentar dengan baik, sesuai topik
+ Pakai nama, tulis kata dengan lengkap
+ Komentar ditinjau sebelum diterbitkan
+ Terimakasih sudah berkunjung

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>