Perbaikan Doppler

Daftar Isi Artikel
Dopler adalah peralatan deteksi detak jantung yang memanfaatkan prinsip pemantulan gelombang yang dipancarkan oleh sensor ultrasound dengan frekuensi 2 MHz dan diperkuat dengan rangkaian preamplifier hingga menghasilkan suara atau dirubah menjadi sinyal digital. peralatan ini sering digunakan dalam dunia kedokteran untuk mendeteksi ritme serta denyut jantung janin pada ibu hamil sehingga bisa diketahui kondisi dan kesehatanya.

Perangkat elektronik doppler menggunakan power supply atau sumber daya baterai jenis NI-MH dengan jumlah 8 buah sel baterai yang terangkai seri dan menghasilkan tegangan keluaran sebesar 9.2 Volt, dimana baterai jenis Ni-mh setiap sel mempunyai kapasitas tegangan sebesar 1.2 Volt.


Kerusakan doppler mati total atau tidak menyala sama sekali banyak sekali penyebabnya dan kerusakan yang paling sering dialami adalah terjadi keausan atau berkarat pada bagian konektor sehingga supply tegangan yang berasal dari baterai terhambat dan tidak dapat mengalir ke dalam rangkaian. Namun sebelum melakukan langkah cara perbaikan doppler lebih jauh, sebelumnya perlu dilakukan pengecekan pada bagian berikut ini :
1. Charger baterai
2. Baterai
3. Konektor

1. Charger baterai, sebagai pengisi sumber tegangan pada baterai, charger mempunyai peranan penting dimana apabila charger tidak mengeluarkan tegangan maka baterai pada doppler tidak akan terisi dan itu berarti rangkaian tidak mendapat suplly tegangan sehingga tidak dapat bekerja. untuk itu lakukan pengecekan charger dengan menggunakan alat uji tegangan atau multimeter. Jika jack charger tidak mengeluarkan tegangan kemungkinan kabel penghantar atau trafo putus.

2. Baterai, sebagai penyimpan dan penyedia tegangan pada rangkaian juga mempunyai peranan penting pada sebuah peralatan elektronik, apabila terjadi kerusakan pastinya rangkaian tidak dapat menyala, kerusakan pada baterai doppler ditandai dengan apabila charger dihubungkan, peralatan dapat menyala dan akan mati kembali apabila charger dilepas, ini menandakan bahwa baterai sudah mengalami penurunan daya simpan (drop) atau bahkan sudah tidak dapat menyimpan daya lagi.

3. Konektor, sebagai penghubung rangkaian atau tegangan, seperti pada kerusakan diatas dimana kerusakan doppler tidak dapat menyala atau tidak dapat mengeluarkan suara detak jantung disebabkan dari konektor baterai yang sudah aus sehingga tidak dapat menghantarkan tegangan dari baterai. cara mengatasi dan memperbaikinya adalah membersihkan atau mengganti konektor yang rusak.

Demikian sedikit tips dan penjelasan singkat tentang bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki doppler rusak mati total atau tidak menyala.
  1. Unknown

    Unknown

    13 September 2018 at 09:54

    Saya punya doppler bistos hi-bebe terakhir dipakai masih bersuara.. setelah agak lama tidak dipakai doppler nasih menyala tp tidak mengeluarkan suara dan angka denyut jantungnya tidak muncul.. mohon bantuannya?

    • hasanadit

      hasanadit

      21 December 2018 at 22:37

      Doppler tidak menyala karena lama tersimpan atau tidak dipakai, kemungkinan penyebab kerusakan terdapat komponen aus berkarat atau seperti pada postingan.
      Coba bungkar dan cek jika ada bagian yang berkarat dibersihkan atau jika tidak bisa bungkar coba alat dijemur di bawah terik matahari barangkali kerusakan hanya karena komponen lembab.

    • Unknown

      Unknown

      13 February 2019 at 13:53

      Punya saya juga bistos hi-bebe lama ga kepake tidak mengekuarkan angka dan suara di layar, udah pernah dijemur juga tapi hidup bentar kebesokannya udah g bersuara lagi, cara bongkar bistos hi-bebe gimana ya?

    • hasanadit

      hasanadit

      14 February 2019 at 08:20

      Di jemur bisa menyala dan mati lagilagi, tandanya lembab belum hilang, coba dijemur lebih lama, untuk membuka cari lubang sekrup dan kendurkan, jika tidak ada mungkin model klem dan harus mencokel, lakukan dengan hati-hati, kalau susah dibuka coba jemur yang lama dulu,

    • hasanadit

      hasanadit

      21 December 2018 at 22:44

      Lakukan seperti diatas, bungkar dan cek jika ada yang berkarat dibersihkan atau terdapat jalur yang putus di sambung kembali.

  2. Unknown

    Unknown

    2 January 2019 at 22:00

    Dopler sudah dibongkar tapi layarnya tdk bisa mngeluarkan angka , tapi keluar suaranya ..itu gimana ya ?apa kemungkinan bisa diperbaiki .trimaksih

    • hasanadit

      hasanadit

      4 January 2019 at 11:59

      Kemungkinan masih bisa diperbaiki, kirim foto dopler kondisi di bungkar ke email, saya bantu cek.

  3. Vitria

    Vitria

    19 June 2019 at 16:48

    G sengaja kepala doplernya putusbdr kabelnya,,,ada empat warna kabel,,hitam merah dan kuning dan hijau,,pas d service,,tkg servicenya bingung mau nyambungin dan cocokinnya kemana,,g ada oaduan warna d lempengan d perangkat kepala doplernya,,jadi asal aja,,bunyi ada,,tapi g jernih,,trus frek ga sesuai ama yg sebenarnya,,

    • hasanadit

      hasanadit

      19 June 2019 at 17:36

      kalau kabel putus pada pangkal seharusnya ada sisa kabel dan tinggal menyesuaikan warna, tapi karena tidak ada panduan sedangkan setiap merk dopler berbeda, solusi lain menyambung secara umum "kabel merah positif, hitam negatif (ground), kuning dan hijau sinyal (2 kabel sinyal tinggal membalik warna dan dicoba)" sampaikan sama tukang servisnya kemungkinan bisa

+ Komentar dengan baik, sesuai topik
+ Pakai nama, tulis kata dengan lengkap
+ Komentar ditinjau sebelum diterbitkan
+ Terimakasih sudah berkunjung