Perbaikan Doppler

Dopler adalah peralatan deteksi detak jantung yang memanfaatkan prinsip pemantulan gelombang yang dipancarkan oleh sensor ultrasound dengan frekuensi 2 MHz dan diperkuat dengan rangkaian preamplifier hingga menghasilkan suara atau dirubah menjadi sinyal digital. peralatan ini sering digunakan dalam dunia kedokteran untuk mendeteksi ritme serta denyut jantung janin pada ibu hamil sehingga bisa diketahui kondisi dan kesehatanya.

Perangkat elektronik doppler menggunakan power supply atau sumber daya baterai jenis NI-MH dengan jumlah 8 buah sel baterai yang terangkai seri dan menghasilkan tegangan keluaran sebesar 9.2 Volt, dimana baterai jenis Ni-mh setiap sel mempunyai kapasitas tegangan sebesar 1.2 Volt.


Kerusakan doppler mati total atau tidak menyala sama sekali banyak sekali penyebabnya dan kerusakan yang paling sering dialami adalah terjadi keausan atau berkarat pada bagian konektor sehingga supply tegangan yang berasal dari baterai terhambat dan tidak dapat mengalir ke dalam rangkaian. Namun sebelum melakukan langkah cara perbaikan doppler lebih jauh, sebelumnya perlu dilakukan pengecekan pada bagian berikut ini :
1. Charger baterai
2. Baterai
3. Konektor

1. Charger baterai, sebagai pengisi sumber tegangan pada baterai, charger mempunyai peranan penting dimana apabila charger tidak mengeluarkan tegangan maka baterai pada doppler tidak akan terisi dan itu berarti rangkaian tidak mendapat suplly tegangan sehingga tidak dapat bekerja. untuk itu lakukan pengecekan charger dengan menggunakan alat uji tegangan atau multimeter. Jika jack charger tidak mengeluarkan tegangan kemungkinan kabel penghantar atau trafo putus.

2. Baterai, sebagai penyimpan dan penyedia tegangan pada rangkaian juga mempunyai peranan penting pada sebuah peralatan elektronik, apabila terjadi kerusakan pastinya rangkaian tidak dapat menyala, kerusakan pada baterai doppler ditandai dengan apabila charger dihubungkan, peralatan dapat menyala dan akan mati kembali apabila charger dilepas, ini menandakan bahwa baterai sudah mengalami penurunan daya simpan (drop) atau bahkan sudah tidak dapat menyimpan daya lagi.

3. Konektor, sebagai penghubung rangkaian atau tegangan, seperti pada kerusakan diatas dimana kerusakan doppler tidak dapat menyala atau tidak dapat mengeluarkan suara detak jantung disebabkan dari konektor baterai yang sudah aus sehingga tidak dapat menghantarkan tegangan dari baterai. cara mengatasi dan memperbaikinya adalah membersihkan atau mengganti konektor yang rusak.

Demikian sedikit tips dan penjelasan singkat tentang bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki doppler rusak mati total atau tidak menyala.