Perbaikan Yoke Bocor / putus

Cara memperbaiki yoke tabung televisi rusak putus atau bocor, defleksi yoke atau sering disebut konde merupakan komponen pada TV yang berfungsi untuk menarik elektron-elektron didalam tabung kearah horisontal dan verikal. Yuke terdiri dari dua buah kumparan kawat tembaga yang tehubung secara pararel dan terletak pada sisi bingkai dalam,

selain itu juga terdapat dua buah lilitan kawat tembaga yang dililitkan pada inti ferit yang terhubung secara seri atau pararel dan terletak pada sisi bingkai luar. Fungsi kumparan yuke sisi dalam merupakan bagian yang menarik elektron kearah kiri kanan atau horisontal, sedangkan lilitan pada sisi luar merupakan bagian yang menarik elektron kearah atas bawah atau vertikal.

kerusakan yang sering terjadi diantaranya terbakar, bocor, putus karena berjamur terutama pada defleksi yoke bagian horisontal dan jarang sekali defleksi vertikal mengalami kerusakan. sebelum dilakukan penggantian ada baiknya mencoba trik perbaikan yoke sebagai berikut :


1. Defleksi Yoke Bocor.
kerusakan ditandai dengan keluarnya bunyi loncatan api dan jika dilihat pada yuke bagian dalam terdapat lilitan terkelupas atau lapisan email hilang.

perbaikan defleksi yuke televisi bocor:
  • bersihkan bagian lilitan yang terkelupas, bisa menggunkan tiner
  • setelah bersih tutup lilitan yang terkelupas dengan menggunakan lem alteco atau sejenisnya.
  • tunggu sampai kering dan siap dipasang kembali

2. Defleksi Putus.
Kerusakan ditandai gambar menyempit atau hanya garis vertikal

perbaikan defleksi yuke televisi korosi dan putus atau terbakar :
  • bungkar / pisahkan lilitan yang terputus dari kumparan dan sambung kembali
  • tutup sambungan dengan menggunakan lem atau bunkus dengan selotip.
  • yoke siap dipasang

kerusakan yoke terbakar tidak bisa diperbaiki lagi kecuali dilakukan pelilitan ulang atau ganti yang baru dan sesuai.

Komentar dengan baik, sesuai topik, pakai nama, tulis kata dengan lengkap, Komentar ditinjau sebelum terbit, terimakasih sudah berkunjung, atau tanyakan Di Forum Fanselektronic