Rangkaian Kipas TV

Rangkaian Kipas TV
Daftar Isi Artikel
Cara mengatasi TV cepat panas adalah dengan menambahkan kipas di dalam bok tv, dengan penempatan kipas yang benar maka kerja pendinginan akan efektif dan semua bagian dalam televisi akan terkena tiupan udara kipas sehingga suhu di didalam tv menjadi dingin, cara pemasangan kipas tv ada di pembahasan cara pasang kipas tv

Bukan hanya pada tv cina saja, memasang kipas pada tv bisa juga untuk mengatasi mesin Tv cepat panas pada Tv merk sharp, polytron, LG, samsung, toshiba, dan masih banyak lagi lainya. contoh beberapa rangkaian power supply kipas tv :

1. Rangkaian power supply pemasangan kipas pada tv cina

Rangkaian power supply kipas pada mesin tv cina sangat sederhana, hanya menggunakan sebuah transistor jenis NPN yang berfungsi sebagai saklar atau penghubung dan pembatas tegangan. lebih jelasnya lihat gambar berikut :


Keterangan :
1. Basis transistor bisa dihubungkan pada +5v atau +8v sesuaikan dengan kebutuhan.
2. Emitor adalah output atau supply positif kipas.
3. Negatif kipas harus terhubung langsung pada pusat ground trafo switching regulator.

Fungsi rangkaian :
Untuk mensupply kipas secara tersendiri tanpa menggangu sumber tegangan vital.
Menghindari ganguan akibat interferensi seperti gambar bergetar, ganguan audio dll.
Mengontrol kerja kipas

Cara kerja rangkaian kipas tv:
Sesuai cara kerja mesin tv cina tegangan 5 volt dan 8 volt dikontrol oleh power on off. Saat tv on tegangan tersebut aktif dan pada posisi off atau standby tegangan tidak aktif, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengontrol kerja kipas dengan mengumpankan tegangan tersebut pada basis transistor, jika basis mendapat supply maka kolektor akan mengalirkan tegangan dari kolektor ke emitor dan kipas akan bekerja, besarnya tegangan yang keluar dari emitor sama dengan besar tegangan yang masuk pada basis.


2. Rangkaian pemasangan kipas pada semua merk tv

Kipas bekerja dengan menggambil supply dari lilitan pada flyback, dan akan bekerja seperti pada cara diatas, kipas hanya berputar jika Tv kondisi menyala dan berhenti ketika standby (jadi tidak berisik). Berikut contoh rangkain dan penyearah tegangan hasil induksi flayback untuk mensupply kipas dc 12 Volt


Keterangan :
  • R1, reisitor 0,1 ohm ( 1 - 2 watt) berfungsi sebagai pembatas dan pengaman arus tegangan 
  • L1 merupakan lilitan kabel pada batang ferit flayback sebanyak 2 - 4 lilit
  • D1, dioda 1N4007 yang berfungsi untuk menyearahkan tegangan arus bolak - balik hasil induksi pada lilitan L1
  • C1, elektrolit condensator atau elko kapasitas 470 uf - 1000 uf dengan voltase 50 volt, berfungsi sebagai penyaring atau perata tegangan hasil keluaran dari dioda yang masih riak (berdenyut)
  • Fan atau kipas angin Dc 12 volt, digunakan untuk mendinginkan mesin TV.

Cara kerja rangkaian kipas tv dengan flyback :
ketika televisi dinyalakan flayback akan bekerja, menginduksi lilitan L1 dan mengeluarkan tegangan, hasil tegangan dari lilitan masih berupa arus bolak - balik, karena beban yang dipakai kipas DC maka tegangan hasil induksi disearahkan menggunakan D1 yang sebelumnya dilewatkan melalui R1, hasil keluaran D1 masih berupa tegangan DC riak (berdenyut) maka disaring dan diratakan memakai C1 selanjutnya tegangan tersebut diguanakan untuk mensupply kipas dc. ketika tv pada posisi standby flayback tidak bekerja dan L1 tidak mengeluarkan tegangan.

Untuk mengatur kecepatan putaran kipas agar tidak mengeluarkan suara berisik dengan cara menurunkan tegangan kerja kipas, bisa dengan mengurangi jumlah lilitan atau menaikan nilai R1 resistor pembatas.