Servis Kerusakan Printer Paper Jam error

Servis Kerusakan Printer Paper Jam error
Daftar Isi Artikel
Printer Epson, Canon, Hp deskjet, Brother rusak dengan gejala muncul pesan error paper jam di layar monitor, pada printer pesan error tersebut keluar apabila kertas pada printer tersangkut dan tidak bisa keluar, penyebab bisa karena kertas terlipat, pemasangan tidak tepat atau roller macet tersumbat kotoran.


cara mengatasi masalah error printer sebenarnya sangat mudah cukup membersihkan dan mengambil benda yang menghalangi jalanya kertas. Tetapi bagaimana jika setelah di periksa ternyata tidak terdapat benda asing atau sobekan kertas pada printer..?

Jawabanya, kerusakan ada pada internal printer. (Berlaku untuk semua merk dan jenis printer)
lantas bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki printer paper jam error pada Epson, Canon, Hp deskjet, brother dan bagian apa yang rusak, perlu dilakukan pembungkaran casing printer untuk mengetahuinya. Sebuah peralatan percetakan seperti printer didalamnya terdapat banyak sekali sensor yang berguna untuk memberikan informasi kepada kontroler atau motherboard.

Sebagai contoh sensor yang ada di dalam printer dan kegunaanya :
  • Sensor 1 untuk menggerakan benda kerja agar dapat masuk kedalam roller
  • Sensor 2 untuk mengetahuai ada tidaknya benda kerja yang masuk ke dalam roller
  • Sensor 3 untuk menyesuaikan jarak pergerakan benda kerja agar ukuran sesuai dengan perintah kontroler (spasi atas bawah penulisan)
  • Sensor 4 untuk menyesuaikan jarak atau spasi kiri kanan penulisan (biasanya sensor berada pada catrit)

Penjelasan singkat tentang cara kerja mekanis printer : Saat printer mendapat perintah dari unit komputer untuk melakukan pekerjaan maka printer akan segera melakukan tugasnya diawali dengan kontroler mengaktifkan motor penggerak untuk memasukan benda kerja,

apabila benda kerja tidak ada (kertas) disinilah fungsi sensor 1, 2 dimana apabila sensor 1 sudah memberikan informasi kepada kontroler sudah memasukan benda kerja, tetapi setelah sekian detik sensor 2 tidak mengiriman informasi maka akan muncul pesan dilayar komputer untuk memasukan kertas (insert paper),

namun jika sensor 2 sudah bisa mengirimkan informasi maka benda kerja akan dilanjutkan proses penulisan. Pada proses penulisan sensor 3,4 melakukan tugasnya yaitu memberikan informasi pergerakan dan jarak kepada kontroler hingga hasil penulisan sesuai dengan perintah komputer.

Contoh bentuk sensor pada printer :


Dari penjelasan diatas dapat diketahui tugas setiap sensor, tetapi bagaimana proses terjadinya paper jam, dari pengalaman kerja pesan eror paper jam terjadi apabila sensor 2 memberikan informasi adanya benda kerja mendahului sensor 1 atau sensor 2 terus menerus memberikan informasi printer belum siap melakukan penulisan,

Bagaimana bisa sensor 2 memberikan informasi sedangkan benda kerja tidak ada, dari sini dapat disimpulkan bahwa sensor 2 mengalami kerusakan short atau konslet dan terbaca oleh kontroler dalam kondisi on, jadi untuk memperbaiki kerusakan paper jam tetap error meski sudah dibersihkan dan tidak ada benda asing yang menyumbat roller adalah dengan "mengganti sensor yang rusak".

Sensor printer terdiri dari dua bagian seperti pada gambar diatas yaitu pengirim berupa lampu led yang memancarkan sinar infrared dan penerima sinar infrared, kebanyakan kasus kerusakan sensor printer ada pada bagian penerima infrared dimana komponen tersebut dalam kondisi konslet terlihat jika dilakukan menggunakan alat multitester.

Posisi dan tempat sensor pada printer tunggu update selanjutnya, kerusakan lain printer lampu indikator blank berkedip dan mekanis tidak bergerak akibat power supply, selengkapnya pada mengatasi power supply printer drop