Receiver Parabola Tidak Ada Suara

Receiver Parabola Tidak Ada Suara
Daftar Isi Artikel
Cara memperbaiki dan mengatasi kerusakan receiver parabola tida ada suara tetapi gambar keluar di televisi, servis kerusakan dan cara perbaikan pada receiver ada gambar tidak keluar suara, bisu atau keluar suara tetapi sangat kecil sekali, hampir sama pada kerusakan receiver tidak ada gambar ada suara, kerusakan ini juga belum tentu dari ic utama,

bagaimana cara serta langkah perbaikan kerusakan receiver parabola dvb tidak ada suara tetapi gambar normal pada receiver DVB MPEG 2 atau MPEG 4 HD seperti merk Matrix turbo, Venus, Orange, Skybox, Hitech, Kaonsat, Openbox, Getmecom, Venus, Manhattan, Ichiko dan lain lain. Sebelum pada langkah perbaikan receiver perlu dilakukan pengujian pada peralatan elektronika lain yang digunakan, seperti kabel rca dan televisi.

Receiver parabola tidak mengeluarkan suara atau suara hilang bukan hanya disebabkan pada ic mpeg, akan tetapi bisa juga karena komponen pendukung yang mengalami masalah, maka agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan tindakan dan perbaikan maka perlu dilakukan pengujian terlebih dahulu, apa saja dan bagaimana cara menguji serta perbaikan simak berikut ini :

1. Kabel RCA

sebagai media penghubung antar perangkat elektronika kabel RCA sering mengalami kerusakan, dimana terjadi keausan dan putus pada kawat serabut tembaga didalam kabel sehingga tidak dapat menghantarkan sinyal, selain keausan pada serabut tembaga, putusnya kabel juga bisa karena tertarik terlalu keras. Serabut tembaga cepat aus biasanya disebabkan kualitas bahan yang tidak bagus dan pengaruh kelembaban udara,

kabel rca juga sering mengalami keausan pada ujung kepala konektor dan bisa dilihat secara fisik, cara mengatasinya cukup membersihkan dengan menggosok (amplas) sampai karat hilang dan bersih, sedangkan cara untuk mengetahui penyebab kerusakan receiver tidak mengeluarkan suara di tv karena kabel rca rusak bisa dilakukan pengecekan kabel dengan cara :
  1. Menguji menggunakan multimeter pada skala x 1 ohm dan mengukur hambatan kedua ujung rcavdengan warna yang sama, kabel dalam kondisi bagus apabila mempunyai nilai resistansi kecil atau tidak ada hambatan sama sekali (terukur 0 ohm), dan kabel sudah tidak baik atau rusak jika mempunyai hambatan tinggi atau tidak terukur lagi. 
  2. Apabila tidak mempunyai alat ukur multimeter bisa dengan cara lain seperti menggunakan atau pinjam kabel rca lain yang masih bagus, jika kerusakan memang dari kabel rca yang putus maka dengan cara mengganti kabel rca masalah suara receiver tidak keluar di tv teratasi dan audio pasti akan keluar di televisi seperti sedia kala, tetapi apabila suara tetap tidak bisa keluar dari receiver atau dvb maka kerusakan bukan dari kabel rca, kemungkinan bisa dari input av televisi.

2. Televisi AV input

Televisi sebagai sarana informasi dan hiburan melalui media audio dan visual yang dilengkapi dengan multisystem atau dapat digunakan untuk menerima siaran gelombang VLF, VHF, UHF serta ada juga yang dapat menerima gelombang FM, selain itu televisi juga dapat digunakan untuk menampilkan sinyal gambar maupun suara dari perangkat elektronika seperti DVB, DVD dan player lainya, dengan adanya fasilitas AV IN atau HDMI tesebut televisi bukan hanya sekedar untuk menampilkan siaran dari tangkapan gelombang tuner melalui antena tetapi dapat juga untuk menampilkan video atau audio dari perangkat lain.

Kerusakan receiver parabola tidak keluar suara atau bisu bisa disebabkan juga dari perangkat televisi itu sendiri, dimana kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen ic kroma, ic swith av, speaker atau hanya pin rca input televisi tidak terhubung dengan baik (solderan terlepas). Untuk mengetahui kerusakan receiver parabola tidak ada suara yang disebabkan dari televisi yang error atau kerusakan input av televisi adalah dengan cara berikut :
  1. Kerusaka pin terminal rca av input solderan retak ditandai apabila terminal rca pada bagian belakang televisi ditekan atau digoyang dapat mengeluarkan suara dari receiver, untuk mengatasinya solder ulang (resolder) bagian pin yang kendor.
  2. Jika terminal rca di belakang tv ketika ditekan atau digoyang tetap tidak bisa mengeluarkan suara dari receiver maka kemungkinan kerusakan ada pada bagian ic switch av input atau ic kroma (untuk cara mengatasi dan memperbaiki kerusakan av televisi pada pembahasan lain) lanjut pada cara selanjutnya
  3. Untuk mengetahui penyebab kerusakan receiver parabola tidak ada suara pada televisi yang error, cara terakhir adalah gunakan tv lain yang masih normal, apabila di televisi lain suara bisa muncul atau keluar maka memang kemungkinan besar receiver matrix parabola yang mengalami kerusakan pada bagian pengolah audio output.

Setelah melakukan beberapa pengujian pada perangkat dan peralatan seperti diatas apabila receiver atau matrix parabola tetap tidak mengeluarkan suara atau suara hilang di televisi dan sudah dipastikan kabel rca serta av input televisi dalam kondisi baik maka bisa di ambil kesimpulan bahwa kerusakan ada pada perangkat dvb (receiver parabola).

3. Receiver Parabola (DVB)

Didalam dvb atau receiver terdapat rangkaian power supply dan mpeg, power supply receiver parabola menggunakan acmatik atau switching regulator dengan keluaran tegangan 3.3 volt, 7.5 volt, 12 volt, 15 volt, 20 volt dan lainya. Tegangan tersebut digunakan untuk mensupply rangkaian Mpeg dan Lnb pada antena parabola agar dapat bekerja.

Kerusakan receiver suara tidak keluar atau tidak ada jarang sekali diakibatkan dari switching regulator mengingat fungsi rangkaian tersebut hanya untuk memberi supply tegangan meskipun ada kemungkinan sangat kecil sekali, seperti tegangan bagian supply preamp atau penguat audio tidak ada atau tidak masuk pada ic preamp dan menyebabkan penguatan suara tidak bekerja.

Kembali pada pembahasan tentang cara mengatasi dan memperbaiki kerusakan reseiver dvb parabola tidak ada suara tapi ada gambar di televisi, sebelum memvonis kerusakan akibat dari ic sebaiknya mengecek komponen pendukung lainya. Kerusakan umum dan yang sering terjadi bukan pada ic mpeg receiver melainkan pada komponen yang berfungsi sebagai penghubung (couple) audio output,

komponen pada audio output selain berfungsi untuk penghubung juga mempunyai fungsi untuk menyaring atau menghambat tegangan dc dan meloloskan tegangan ac atau sinyal ac saja, dengan adanya komponen tersebut maka ic tidak akan teraliri tegangan dc yang tidak dibutuhkan dan bisa merusak komponen ic.

Kerusakan receiver tidak ada suara dan ada gambar yang di akibatkan dari kerusakan komponen penghubung yang sudah lemah ditandai dengan suara pada televisi kecil atau bahkan tidak ada sama sekali, komponen sebagai penghubung audio output receiver adalah berupa elko (elco). Dilihat dari penempatan elko mempunyai banyak kegunaan bukan hanya sebagai filter saja tetapi juga bisa sebagai penghubung dan penampung tegangan sementara,

untuk mengetahui letak elko yang menyebabkan hilangnya suara pada receiver dapat ditemukan dengan mudah dengan cara menelusuri jalur yang berasal dari terminal atau pin rca female warna merah dan putih, penelusuran jalur bisa menggunakan alat uji multimeter atau dilihat jika memungkinkan. Sebagai contoh letak elko couple audio out receiver dvb matrix turbo III mpeg 4 yang menyebabkan kerusakan suara tidak keluar pada televisi sebagai berikut :


Pada gambar terlihat letak elko yang sudah di tandai pada rangkaian receiver dan pada kasus disini elko teraebut yang menyebabkan suara tidak muncul karena elko sudah lemah atau mengalami penurunan kapasitas sehingga sudah tidak dapat menghubungkan sinyal audio dengan baik, sinyal yang berasal dari pin out ic menuju terminal rca, maka cara mudah dan cepat mengatasi dan memperbaiki kerusakan dvb receiver tidak ada suara tetapi gambar ada adalah dengan mengganti elko tersebut.

Selain elko bagian output audio penyebab kerusakan receiver parabola tidak keluar suara juga dapat disebabkan karena kerusakan ic preamp atau ic penguat audio, seperti pada gambar diatas ic penguat audio receiver menggunakan ic seri 4558. Pada receiver yang menggunakan sistem stereo atau output left dan right, apalika kerusakan receiver hanya mengeluarkan audio sebelah saja, misal audio left suara ada tetapi bagian right mati maka kerusakan bisa dari salah satu elko output atau bisa juga dari ic preamp.

Untuk lebih memastikan penyebab kerusakan akibat elko maka sebelum mencabut dan mengganti komponen dapat dilakukan pengujian dengan cara menyambung langsung atau menyentuhkan ujung konektor rca video yang sudah terhubung ke av input tv (karena konektor yang akan disentuhkan hanya sinyal positif maka sebelumnya hubungkan ground atau negatif antara receiver dan tv dengan seutas kabel atau menggunakan kabel rca yang dihubungkan pada rca audio out),

selanjutnya sentuh menggunakan ujung rca pada titik atau kaki pin elko yang terhubung ke jalur pin ic atau cara lain dengan menggunakan elko, dimana salah satu kaki (pin elko) disolder pada titik tersebut kemudian pin satunya dihubungkan dengan seutas kabel atau rca yang terhubung ke av input tv, dengan cara tersebut bisa diketahui apabila elko mengalami kerusakan maka saat output terhubung ke input av maka televisi akan mengeluarkan suara, sedangkan untuk mengetahui kerusakan akibat dari ic preamp adalah dengan menghubungkan ujung rca pada pin input pada ic.

Apabila televisi tetap tidak mengeluarkan suara kemungkinan lain kerusakan pada ic mpeg atau software error, atau hanya salah setting program audio yang salah, untuk mengatasi kerusakan receiver hanya standby tidak dapat menyala atau hanya lampu led merah saja berikut tentang cara memperbaiki kerusakan Receiver parabola hanya standby, dan selain receiver tidak ada suara ada gambar, juga kerusakan umum lain seperti ada suara tetapi tidak ada gambar, untuk cara perbaiakan ada pada pembahasan tentang cara mengatasi dan memperbaiki kerusakan receiver parabola tidak ada gambar ada suara