Pemasangan Astelo Regulator FET

Power supplay atau regulator switching dengan final fet sering ditemui pada televisi merk Polytron dan digitec, power switching ini menggunakan moset FS7UM, sistem regulator tv polytron menggunakan power saving atau tegangan rendah saat standby dan akan berubah tinggi (tegangan kerja normal) dalam kondisi menyala (on).

cara memperbaiki kerusakan regulator mosfet polytron yang terjadi konslet dan memnyebabkan mcb turun biasanya kerusakan ada pada final switching (mosfet), sebelum melakukan penggantian sebaiknya cek terlebih dahulu komponen pendukung mosfet atau bagian sekunder trafo,

kerusakan mosfet tidak serta merta begitu saja pastinya ada penyebabnya, dan sebelum diketahui penyebab rusaknya komponen final sebaiknya jangan langsung memasang komponen pengganti. perlu dilakukan pengecekan juga komponen lain seperti transistor serta dioda zener yang ada pada bagian primer regulator.

Apabila mengalami kesulitan dalam memperbaiki regulator jenis mofset, switching regulator mosfet juga bisa diganti dengan modul universal astelo (gacun), dalam pemasangan modul switching regulator universal pada regulator polytron terlebih dahulu perlu dilakukan modifikasi, mengingat sistem yang digunakan adalah power saving jika langsung dipasang dapat menyebabkan kerusakan parah pada bagian sekunder regulator.

Seperti contoh berikut ini cara mdifikasi rangkaian dan cara pemasangan modul universal switching regulator astelo (gacun) pada tv polytron dan digitec :


Pada gambar diatas modifikasi pada bagian primer regulator polytron, sedangkan pada sekunder belum sempat membuat skema tetapi sudah banyak yang membahasnya. modul universal mempunyai banyak keunggulan seperti pada pembahasan Regulator astelo atau gacun dan selain untuk mengganti regulator jenis mofset, modul universal juga bisa untuk mengganti Regulator STR maupun pada Regulator Transistor.