Pemasangan Astelo Regulator STR

Pemasangan Astelo Regulator STR
Daftar Isi Artikel
Regulator atau acmatic yang menggunakan komponen STR sebagai power suplay pada televisi semakin berkembang, pada tv model lama smps dengan STR masih memerlukan banyak komponen pendukung agar dapat bekerja sedangkan untuk model baru sebagian komponen sudah ditanamkan jadi satu didalam STR sehingga tidak memerlukan lagi banyak komponen,

dengan komponen pendukung yang sedikit pastinya akan mempermudah dalam perbaikan regulator str pada tv apabila terjadi kerusakan, meskipun demikian kadang untuk mencari sumber penyebab kerusakan pada regulator menemui kesulitan seperti smps tetap tidak bekerja meski STR sudah diganti baru atau STR rusak lagi setelah diganti.

Sebagai solusi apabila tidak menemukan sumber penyebab kerusakan adalah mengganti rangkaian smps dengan modul universal regulator astelo atau gacun, beberapa alasan dan pertimbangan memilih melakukan penggantian dengan modul universal adalah :

1. menghindari resiko kerusakan komponen pengganti
2. harga modul regulator universal yang ekonomis
3. mudah dalam pemasangan
4. tingkat keberhasilan lebih tinggi
5. modul regulator universal tidak cepat panas karena menggunakan FET
6. mempersingkat waktu pengerjaan

Modul regulator universal memang memiliki banyak kelebihan namun melakukan penggantian dengan modul universal merupakan solusi terakhir apabila dalam kondisi tertentu, misal apabila susah mencari komponen pengganti atau tidak mengetahui data nilai komponen karena hangus.

meski modul universal memiliki banyak keungulan masih banyak juga para teknisi yang menggutamakan keaslian rangkaian pesawat televisi, terlebih pada pesawat tv yang mempunyai sistem kerja tegangan rendah (power saving) dimana saat tv pada posisi standby tegangan keluaran pada B+ rendah dan akan berubah menjadi tinggi (tegangan kerja normal) jika pada posisi on. smps dengan sistem power saving tidak dapat dilakukan penggantian dengan modul universal secara langsung begitu saja dan perlu dilakukan sedikit modifikasi pada rangkaian contoh seperti Tv Goldstar dengan STR Fxxxx dan sejenisnya,

modifikasi bisa pada bagian primer atau sekunder dan sudah banyak artikel yang membahasnya, apabila tidak di modif terlebih dahulu bisa mengakibatkan kerusakan komponen di bagian sekunder regulator, untuk itu sebaiknya pahami dulu sistem yang digunakan pada regulator pesawat televisi sebelum dilakukan penggantian modul universal.

Pada pesawat televisi yang tidak menggunakan sistem kerja tegangan rendah (power saving) pemasangan modul universal terbilang mudah cukup memotong beberapa jalur dan mengganti atau menambah rangkaian snubber seperti pada buku panduan pemasangan modul universal. rangkaian snubber perlu di rubah jika tidak sesuai dengan buku panduan mengingat bagian ini termasuk sangatlah penting,

jika tidak sesuai mengakibatkan FET cepat panas dan rusak. Rangkaian snubber terdiri dari resistor dan capasitor yang dipasang secara pararel dan berfungsi untuk membuang sisa energi atau tegangan hasil induksi pada inti trafo setelah terjadi proses switching (pensaklaran on off transistor pada trafo) selain itu rangkaian snubber juga berfungsi untuk menentukan frekuensi kerja trafo.

Contoh cara pemasangan modul switching astelo / gacun pada regulator yang menggunakan STR yang sering digunakan pada mesin Tv LG, Sharp, Goldstar dll.


Tata cara pemasanganya bisa lihat atau klik disini dan juga berikut contoh pemasangan pada Regulator FET maupun pemasangan pada Regulator Transistor